5 Poin Penting yang Perlu Disimak saat Menyeleksi Theme WordPress

5 Poin Penting yang Perlu Disimak saat Menyeleksi Theme WordPress

Theme adalah komponen WordPress yang akan memandu pengubahan tampilan dalam cara membuat blog. Supaya blog atau website Anda memikat pengunjung, simak tip pemilihan theme berikut ini!

  1. Pastikan theme sesuai dengan niche blog

Sebagian pengunjung bisa langsung mengenali niche blog Anda hanya dengan melihat theme. Misalnya, kalau Anda mengelola blog ulasan buku, maka theme yang digunakan pasti berkaitan dengan buku atau buku itu sendiri, bukan? Jadi, pastikan theme yang Anda pilih menonjolkan niche dari blog atau website. Jangan mudah tergiur juga dengan tawaran theme yang terlalu banyak menampilkan gambar, slide, atau plugins dan kurang mendukung niche blog.

  1. Mudah diakses dan dimuat di web browser

Beberapa peramban web browser yang digunakan untuk berselancar di dunia maya meliputi Mozilla Firefox, Chrome, dan Microsoft Edge (pengganti Internet Explorer). Di sini, Anda harus bisa menemukan theme yang bersahabat dengan web browser. Selain di desktop, pastikan juga theme tersebut sudah mobile friendly saat Anda mengetes cara membuat website dengan WordPress mengingat kini pemakai internet lebih memilih mengakses blog atau website lewat ponsel pintar mereka.

  1. Memastikan reputasi sang web designer

Kenali reputasi dan profil web designer pemilik theme yang Anda pilih. Pasalnya, ada theme sederhana yang dikenakan tarif mahal, karena selain profesional, theme tersebut memang sangat menunjang blog maupun website. Ada pula web designer pemula yang sanggup menghasilkan theme berkualitas walau dia memberikannya secara cuma-cuma. WordPress biasanya mencantumkan web designer yang theme-nya mereka sertakan dalam platform.

  1. Membaca ulasan theme yang akan digunakan

Cara paling gampang yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kualitas theme adalah membaca ulasan dari pengguna yang sudah melakukan cara membuat blog. Biasanya, sejumlah penyedia theme menghadirkan kolom ulasan bagi para pengguna yang ingin meninggalkan feedback. Memang tidak semua ulasan bersifat objektif, tetapi theme yang mendapatkan skor tinggi dan ulasan bagus umumnya memang sudah punya reputasi yang baik.

  1. Mempersiapkan bujet atau anggaran

Tidak tertarik pada theme gratis? WordPress menyediakan premium theme yang tentunya harus Anda bayar. Harganya pun bervariasi, tetapi theme berbayar mempunyai keunggulan dibandingkan yang diberi secara cuma-cuma. Di antaranya adalah Anda dapat mengubah tampilan sesuka hati, karena tidak ada batasan pemakaian warna, font, dan lain sebagainya. Anda juga akan mendapatkan update berkala dari web designer yang bersangkutan supaya tampilan blog maupun website semakin bagus.

Jika Anda ingin mengelola blog atau website secara maksimal, pastikan Anda juga tidak terlalu sering mengganti theme. Jadi, saat mengurus cara membuat website dengan WordPress, tentukan satu theme yang dipakai dalam jangka waktu panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *