Anda Newbie di WordPress? Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini!

Anda Newbie di WordPress? Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini!

Kesalahan bisa saja terjadi kapan saja saat Anda mengaplikasikan cara membuat blog dengan platform WordPress. Supaya pengelolaan blog tidak terhambat, hindari daftar kekeliruan berikut ini!

  1. Tidak mengganti nama (rename) akun admin

Ini merupakan kesalahan umum sekaligus fatal yang masih dilakukan pengguna WordPress. Mereka menggunakan admin sebagai username untuk masuk ke Dashboard. Perlu Anda ketahui, para hacker pun memakai admin saat mereka mencoba membobol masuk blog atau website yang mereka incar. Jadi pastikan setelah Anda membuat blog atau website, segera ganti admin atau adminstrator ke username yang sulit dipikirkan hacker.

  1. Membiarkan tagline “Just Another WordPress Site

Default tagline yang tidak Anda ganti akan mempengaruhi banyak hal, termasuk menghancurkan blog atau website dari segi branding. Pasalnya, tagline termasuk deskripsi dalam ranah SEO dan Google pun akan mengambilnya sebagai data untuk mengenali blog maupun website. Tak hanya itu, para hacker juga akan langsung tahu kalau Anda pemain baru di WordPress. Maka dari itu, pakai tagline yang bagus saat Anda sedang menarapkan cara membuat website dengan WordPress.

  1. Belum mengubah struktur pada permalink

Selanjutnya, sebagian pengguna tidak mengubah tampilan permalink mereka, sehingga terlihat kurang praktik dan tidak SEO friendly. Jika Anda ingin mengubahnya, pastikan permalink mempunyai unsur judul atau topik dari konten yang bersangkutan. WordPress menyediakan beberapa pilihan, dua di antaranya adalah post name dan day and name. Untuk pengaturan permalink lebih lanjut dapat Anda telusuri lewat Setting, lalu pilih menu Permalink.

  1. Menyimpan sample page berada di laman blog

Sebagian besar orang akan menghapus entri Hello World! di WordPress, tetapi ada juga yang lupa atau bahkan tidak melihat keberadaan sample page dalam tata cara membuat blog. Sample page akan secara default muncul setelah Anda menginstal WordPress dan sebenarnya tak ada yang salah kalau Anda tidak segera menghapusnya. Akan tetapi, Google tetap mengindeks laman tersebut dan memperlihatkan kalau Anda adalah pengguna pemula di WordPress.

  1. Tidak membuat laman About yang impresif

About merupakan laman yang dapat diisi dengan profil Anda. Berbeda dengan Home yang biasanya diisi dengan konten yang berkaitan dengan topik. Meski begitu, About sama krusialnya dengan Home, karena di sini pengunjung akan mengenal siapa sosok yang mengelola blog atau website. Ada juga pemilik blog atau blog yang tidak menyertakan informasi kontak, sementara mereka mengurus konten bisnis atau hal-hal menjual lainnya. Kalau sudah begitu, bagaimana pengunjung bisa mengenal dan mengontak Anda?

Semoga informasi ini akan mengoptimalkan Anda saat hendak mengaplikasikan cara membuat website dengan WordPress tanpa menimbulkan kesalahan atau hambatan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *