Mengapa Blog Anda Tidak Kunjung Sukses? Ini 6 Faktor Penyebabnya!

Mengapa Blog Anda Tidak Kunjung Sukses? Ini 6 Faktor Penyebabnya!

Sudah sukses menerapkan tata cara membuat blog, tetapi jarang ada yang berkunjung? Bisa jadi hal-hal ini yang membuat blog atau website Anda luput dari atensi masyarakat di jagat maya.

  1. Menganggap konten blog/website sudah bagus

Konten—terutama artikel—bukan sekadar tata bahasa maupun teknik penulisan. Bagaimanapun, Anda harus mampu menarik pembaca untuk benar-benar masuk ke dalam tulisan yang Anda buat. Beberapa kesalahan yang dibuat pengelola blog/website terhadap konten mereka meliputi isi yang membosankan, monoton, topik dan tulisan kurang berbobot, atau malah terlalu dioptimasi.

  1. Tidak memikirkan sudut pandang dari pembaca

Kesuksesan blog/website terletak pada pengunjug yang datang. Anda ingin mereka menikmati konten, bukan? Sayangnya, segelintir pemilik blog malah mengabaikan sudut pandang pembaca, sehingga para pengunjung tidak tertarik untuk menjelajah blog/website karena tidak masuk ke dalam konten tersebut. Jadi, kalau Anda sudah banyak mengunggah konten, tetapi blog tetap sepi, segera evaluasi, ya.

  1. Tidak menjalin relasi dengan rekan sesama blogger

Hal berikutnya yang menggagalkan cara membuat website dengan WordPress adalah kurangnya relasi dengan rekan sesama blogger. Blogger yang sudah punya jam terbang tinggi tidak akan sukses tanpa bantuan dari komunitasnya. Kalau Anda hanya ingin didatangi tanpa meninggalkan jejak di blog maupun website rekan seprofesi, bisa dipastikan Anda tidak akan bertahan lama eksis di komunitas tersebut.

  1. Kurang gencar melakukan promsi blog/website

Blog/website Anda tidak akan serta-merta booming kalau tidak dibarengi promosi, sebagus apa pun tampilan maupun kontennya. Yang punya blog/website bukan hanya Anda saja. Cara mempromosikan blog/website pun sesungguhnya tidak terlalu sulit. Anda dapat membagikannya di jejaring sosial atau bergabung dengan grup/komunitas blog setempat.

  1. Terlalu fokus dan terobsesi dengan keuntungan besar

Mempraktikan cara membuat blog dengan tujuan mendapatkan uang memang tidak salah. Akan tetapi, kalau Anda terlalu terobsesi dengan keuntungan besar, tujuan tersebut malah tidak akan terwujud. Anda akan terlampau sibuk mencari pihak-pihak yang mau membayar konten Anda, tetapi Anda sendiri tidak mengoptimalkan blog/website yang diurus.

  1. Tak menginvestasikan waktu dan blog dengan baik

Dalam hal ini, Anda melupakan investasi terhadap diri sendiri. Misalnya, tak memperbaiki diri, sementara Anda sangat tergantung pada blog/website yang dikelola. Tentu saja Anda juga harus rajin melakukan upgrade terhadap blog/website yang dikelola. Contohnya dengan mengganti domain gratis ke domain yang berbayar saat blog/website mengalami peningkatan signifikan.

Satu hal yang terpenting, Anda juga harus yakin kalau blog/website yang Anda pegang sesuai dengan passion. Tidak sedikit pemilik blog/website yang malas melanjutkan karena lupa akan hal tersebut. Jadi, jangan sampai absen menentukannya dalam cara membuat website dengan WordPress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *