Tip Mudah dan Cepat Membuat Blog dan Website Berkualitas

Tip Mudah dan Cepat Membuat Blog dan Website Berkualitas

Selama Anda fokus, mengikuti cara membuat blog tak akan sulit buat diterapkan. Tertarik buat mengelola blog? Simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini!

  • Menentukan topik utama untuk blog

Langkah ini terdengar sepele, tetapi nyatanya salah memilih tema atau topik untuk blog akan menyulitkan Anda di kemudian hari. Menurut sebuah data, 70% dari 2,73 juta konten baru per hari yang terbit melalui blog hanya memperoleh 5.000 pengunjung per bulan. Salah satu penyebabnya adalah topik yang kurang menarik dan berantakan. Jika Anda pemula, pilih topik yang dikuasai atau diminati. Kemudian, tunjanglah dengan konten berkualitas untuk mengundang perhatian pengunjung.

  • Memilih platform yang sesuai dan tepat

Jumlah platform blog yang tersedia di dunia sangat banyak dan beragam. Seperti halnya topik, platform pun harus dipilih secara saksama agar Anda tak kesulitan mengelola blog. Salah dua platform blog yang paling sering digunakan adalah Blogspot (sudah bergabung dengan Google) dan WordPress. Keduanya dibekali dengan fitur dan layanan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda pun bisa mengikuti tata cara membuat website dengan WordPress atau Blogspot lewat tutorial yang mereka sediakan.

  • Tetapkan penyedia hosting dan domain

Menetapkan pilihan pada penyedia hosting dan domain dalam pembuatan blog maupun hosting sangat penting. Salah satunya untuk menyelamatkan konten saat blog mengalami masalah atau tiba-tiba tidak bisa diakses. Anda dapat memilih penyedia hosting berskala nasional maupun internasional. Dalam hal ini, Anda juga perlu mengatur biaya sewa web hosting dan domain (kalau seandainya Anda tak memakai domain gratis yang disediakan platform blog).

  • Memberikan nama domain untuk blog

Poin selanjutnya yang harus Anda siapkan dalam cara membuat blog adalah nama domain. Kalau Anda kesulitan menentukannya, sesuaikan nama domain dengan topik yang telah ditentukan; pilih nama yang unik dan tidak menyerupai website terkenal; mudah diingat, diucapkan, dan ditulis; hindari angka, minus, dan angka; jangan pakai merek orang lain; periksa ketersediaan username di media sosial. Khusus untuk strip (-), tanda ini kerap dianggap spam, jadi sebaiknya Anda hindari pemakaiannya untuk nama domain.

  • Memahami fitur dan layanan platform blog

Anda sudah mendapatkan blog atau website yang diinginkan? Jangan buru-buru membuat konten. Ada baiknya Anda memahami dulu fitur dan layanan yang disediakan platform blog yang bersangkutan. Jadi, Anda pun akan lebih mudah saat hendak membuat konten—baik teks, foto, atau video. Akan lebih baik lagi kalau Anda sudah tahu jenis konten mana yang akan dijadikan bintang utama supaya pengelolaan di blog atau website semakin mudah.

Semoga Anda dapat menerapkan cara membuat website dengan WordPress atau Blogspot ini tanpa hambatan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *